Selasa, 21 November 2017

Manajemen Humas yang Efektif dan 4 Tugas Pokoknya

Related image

konsultan pr jakarta - Pengertian manajemen humas adalah salah satu sistem dalam mengatasi rencana, pengorganisasian, mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan dengan serius dan rasional dalam menjangkau maksud dengan untuk sebuah instansi.

Apabila kita dalam sebuah organisasi tentu ada divisi humas (hubungan orang-orang). Di mana divisi ini bertugas dalam merajut hubungan organisasi dengan masysrakat di mana organisasi itu berada. Itu adalah artian simpel dari humas.

Humas apabila dalam arti asing adalah pubilc relations. Walau demikian meurut Rachmad Kriyanto penyamaan keduanya kerang tepat. Walupun demikian arti itu terlanjur digunakan dalam mengatakan Humas dalam orang-orang.

Sedang menurut kamus Fund and Wagnel, humas adalah seluruh aktivitas dan tehnik yang dipakai sebuah organisasi maupun individu agar membuat atau pelihara suatu sikap dan respon yang baik dari pihak luar pada kehadiran dan aktivitasnya.

Maka dapat kita katakan manajemen Humas (public relations) adalah salah satu sistem dalam mengatasi rencana, pengorganisasian, mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan dengan serius dan rasional dalam menjangkau maksud dengan untuk sebuah instansi.

Menurut M. Sobry Sutikno Humas memiliki pekerjaan pokok, berikut ini adalah pekerjaan pokok dari Humas :

  1. Jadi penghubung dari pemimpin dalam bersosialisasi dan memberi info pada orang-orang maupun pihak-pihak beda yang memerlukan info dari organisasi.
  2. Menolong pemimpin dalam soal menyiapkan semua bahan yang terkait dengan persoalan dan info yang juga akan diberi pada orang-orang yang menaraik pada saat tertentu. 
  3. Menolong pemimpin dalam meningkatkan gagasan dan aktivitas kelanjutan yang mana terkait dengan service pada orang-orang, jadi salah satu konsekwensi dari komunikasi timbal balik dengan pihak luar untuk menumbuhkan keinginan penyempurnaan aktivitas yang dilakukan suatu oraganisasi.
  4. Memberi info dan ide pada masyrakat maupun pihak-pihak beda sebagai tujuan dari organisasi. 

Maka dapat simpulkan kalau pekerjaan dari Humas ini sangat penting untuk sebuah organisasi, dengan dengan Humas yang baik maka hubungan yang tersambung pada orang-orang dan organisasi juga akan terjali baik. Dengan hubungan baik ini juga akan memeberikan keuntungan pada perusahaan dan orang-orang.

Karenanya diperlukan orang yang bagus dalam komunikasi dalam tempat Humas ini. Dengan komunikasi yang bagus juga akan mempermudah Humas dalam memberi setiap info pada orang-orang, hingga orang-orang pun tidak salah persepsi dengan info yang didapatkan.

Lihat juga : konsultan public relations

Nah sekianlah keterangan mengenai manajemen Humas, mudah-mudahan dengan info barusan menaikkan pikiran kita mengenai manajemen Humas. Terima kasih sudah membaca artikel kami, sampai jumpa pada artikel yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar